SMS Center: 081 227 90 2000
E-mail: instiper@instiperjogja.ac.id

Berita dan Informasi

Pembukaan Kuliah Tahun Akademik 2015/2016

Pembukaan Kuliah Tahun Akademik 2015/2016

Selasa 18 Agustus 2015 lalu, INSTIPER menyelenggarakan Pembukaan Kuliah Tahun Akademik 2015/2016 bertempat di Kampus INSTIPER Maguwoharjo Yogyakarta. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Rektor INSTIPER Dr.Ir. Purwadi, MS. Dalam acara tersebut dihadiri tamu undangan Ketua FP2SB Bapak Ir. Achmad Mangga Barani,MM, Ketua Dewan Pembina GPPI Bapak Soedjai Kartasasmita, GAPKI, BP2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lembaga Sertifikasi Profesi, Asosiasi Petani Kelapa Sawit, serta perusahaan mitra.

"Saat ini INSTIPER sedang melakukan re-engineering sistem pendidikannya, yaitu upaya untuk peningkatan kualitas model pendidikan link and match melalui program University-Industry partnership atau peningkatan efektifitas sistem pendidikan dari pendekatan kurikulum semi blok mengarah pada kurikulum blok penuh, pengembangan skill dari skill knowledge comptency based, skill job competency,  mini plancomptency based hingga skill job competency industrial based" papar Rektor INSTIPER dalam sambutannya.

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa untuk mendukung re-enginering tersebut, INSTIPER telah membangun labratorium pusat, bengkel kerja untuk teknik, dan pengolahan, pengembangan kebun pendidikan KP2 Ungaran Tahap I, dan segera dibangun green house semi modern, pengembangan laboratorium bahasa (Indonesia dan Inggris), laboratorium Iklim dengan alat berbasis digital dan modern, serta pengembangan KP2 tahap 2 yang telah dibranding dengan nama Stiper Edu Agro Tourisme (SEAT INSTIPER) pada tahun ini.

Pembukaan Kuliah kali ini, INSTIPER mengundang secara khusus Ketua FP2SB Bapak Ir. Achmad Mangga Barani,MM untuk memberikan Kuliah Perdana dengan judul “Peran SDM Profesional (Kompeten) dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Perkebunan”. Kuliah perdana ini diharapkan dapat memberikan inspirasi, dan motivasi kepada kita semua terkait penyiapan SDM kompeten yang memiliki sertifikasi profesi di bidang perkebunan dan kehutanan.

Tidak menyia-nyiakan momen berharga tersebut, INSTIPER juga melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan BP2SDM Kemenlinghut, Lembaga Sertifikasi Profesi Perkebunan dan Hortikultura Indonesia (LSP-PHI), Lembaga Sertifikasi Profesi Kehutanan Indonesia (LSP-HI), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (ASPEKPIR) Riau, PT Agro Mandiri Semesta, PT Agro Investama, PT Multicora Putra Makmoer.

Secara simbolis juga dilaksanakan serah terima mahasiswa baru program beasiswa berikatan dinas kerjasama INSTIPER dengan PT SMART Tbk, Eka Tjipta Foundation, PT RAPP, First Resources Ltd, dan PT Citra Borneo Indah.

 

 

26/08/2015 (15:10)
Admin
Dibaca: 4543x