Berita dan Informasi

Pembukaan Kuliah Program Pelatihan Teknis Kebun Kelapa Sawit Setara Diploma I

Pembukaan Kuliah Program Pelatihan Teknis Kebun Kelapa Sawit Setara Diploma I

Bertempat di Auditorium Kampus INSTIPER Yogyakarta, tanggal 12 Agustus 2016 lalu, telah dilaksanakan Pembukaan Kuliah untuk Program Beasiswa Pelatihan Teknis Kebun Kelapa Sawit Setara Diploma I kerjasama antara INSTIPER, BPDP-KS dan APKASINDO yang dihadiri sejumlah tamu undangan (stakeholder INSTIPER) dan dosen INSTIPER.
Hampir semua produk pertanian Indonesia kalah bersaing dengan negara lain kecuali “SAWIT”. Sampai dengan tahun 2016 luas perkebunan kelapa sawit Indonesia mencapai 11,66 jt ha yang terdiri dari perkebunan rakyat sebanyak 4,76 jt ha (40,8%). Ironisnya produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat hanya 2-3 ton CPO /ha/th, sedangkan perkebunan besar swasta sudah mencapai 6 jt ton/ha/th.
Berdasarkan hal tersebut diatas, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) Kementerian Keuangan RI memberikan program beasiswa bagi anak petani dan buruh tani kelapa sawit Indonesia dalam bentuk “Program Beasiswa Pelatihan Teknis Kebun Kelapa Sawit Setara Diploma I”.
Untuk angkatan pertama program ini terseleksi 200 mahasiswa yang berasal dari 11 propinsi (Sumut, Sumbar, Sumsel, Jambi, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Kaltim, Kalsel, Kalteng, Papua Barat). Para siswa merupakan putra-putri petani kelapa sawit rakyat dan akan melaksanakan perkuliahan (teori dan praktek lapangan) di Instiper selama 9 bulan. Harapan kedepan para putra-putri petani kelapa sawit akan dapat menjadi Kader-kader Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat berkelanjutan.
Dalam kesempatan tersebut, juga diselenggarakan Kuliah Umum dengan topik: “Sawit Indonesia, LebihBerkelanjutan”oleh BapakDr. Bayu Krisnamurthi, M.Si-DirekturUtama BPDP-KS.

 

05/10/2016 (07:52)
Admin
Dibaca: 1894x