Berita dan Informasi

Kuliah Wawasan Kebangsaan oleh Gubernur Jawa Tengah dan Kegiatan OKKABUN 2016

Kuliah Wawasan Kebangsaan oleh Gubernur Jawa Tengah dan Kegiatan OKKABUN 2016

Orientasi Kampus dan Kenal Kebun (OKKABUN) merupakan kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru INSTIPER dengan kekhasan INSTIPER yang berbeda dengan perguruan tinggi lain .

Kegiatan Okkabun TA 2016/2017 kali ini untuk pertama kalinya dilaksanakan selama seminggu (15-21 Agustus 2016) di Stiper Edu Agro Tourism (SEAT) Jalan Lemah Ireng Raya, Desa Projosari, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Selama di kebun, mahasiswa akan mengikuti pengenalan lapangan. Mereka mendirikan tenda-tenda untuk beraktivitas selama masa orientasi. Sehingga diharapkan mereka bisa merasakan bagaimana berada di perkebunan.

Pada rangkaian kegiatan Okkabun tersebut, tepatnya tanggal 19 Agustus 2016, INSTIPER mengundang Gubernur Jawa Tengah, Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP untuk memberikan kuliah Wawasan Kebangsaan dengan tema “Karakter Pemuda Masa Depan Mandiri dan Berjiwa Nasionalisme”, sekaligus meresmikan Infrastruktur SEAT Bawen, Ungaran.

 “Adanya SEAT, Instiper ingin menanamkan kepada mahasiswa untuk berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia melalui ilmu yang dikuasai di bidang pertanian. Ini sangat luar biasa, karena mereka sangat dibutuhkan untuk kemajuan perekonomian,” kata Beliau.

Menurut Beliau, selama ini produksi kedelai Indonesia masih kurang, jagung impor, politik bawang merah selalu kacau. Saat ini, tembakau hanya 40 persen yang berhasil akibat cuaca yang basah, sedang impor tembakau masih tinggi.

“Instiper berupaya untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa untuk bisa memproduksi hasil pertanian sendiri. Sehingga ke depan dapat menciptakan kemandirian ekonomi untuk memenuhi kebutuhan bangsa. Itulah cara ilmu pengetahuan untuk bisa mencintai bangsa dan negara,” lanjutnya.

Sementara Rektor Instiper Yogyakarta, Dr Ir Purwadi mengatakan mahasiswa baru wajib mengikuti orientasi kampus dan kenal kebun (Okkabun) yang dilaksanakan di Kampus Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan SEAT Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

“SEAT ini merupakan instalasi pendidikan atau ‘Kawah Candradimuka’ bagi mahasiswa baru Instiper Yogyakarta. Mereka adalah calon-calon kader planter dan forestries. Setelah lulus dari sini diharapkan mereka akan menjadi kader yang berkarakter,” lanjutnya. Dan “Okkabun ini merupakan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru. Ini wajib diikuti dan bagi mahasiswa yang belum mengikuti Okkabun tidak akan pernah di yudisium,” tandasnya.

Selain itu, Rektor  juga mengharapkan keberadaan SEAT bisa tempat untuk melatih tenaga pertanian di wilayah Jawa Tengah, Instiper siap kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk kemajuan pertanian.

18/05/2017 (02:17)
Admin
Dibaca: 1536x