Berita dan Informasi

Pembukaan Kuliah dan OKKABUN TA 2017/2018

Pembukaan Kuliah dan OKKABUN TA 2017/2018

Institut Pertanian (INSTIPER) Yogyakarta menerima sebanyak 858 mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia. Sebelum secara resmi memulai kegiatan akademiknya di Kampus INSTIPER, Mahasiswa Baru ini akan mengikuti Orientasi Kenal Kampus dan Kebun (OKKABUN) pada tanggal 14 s.d 20 Agustus 2017 di Kampus INSTIPER Maguwoharjo serta Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) yang sekarang dinamakan Stiper Edu Agro Tourism (SEAT) Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Senin (14/8/2017), dilakukan Pembukaan Kuliah Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018 oleh Rektor INSTIPER, Dr Ir Purwadi MS di Graha INSTIPER dan sekaligus softlaunching Graha INSTIPER. Hadir dalam pembukaan kuliah INSTIPER Yogyakarta Direktur Jenderal Perkebunan, Ir Bambang MM; Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Dr Bambang Supriyad, CES,DEA; Vice President Director PT Astra Agro Lestari Tbk, Ir Joko Supriyono; Perwakilan dari Pemerintah Daerah Bungo Provinsi Jambi, dan sejumlah mitra INSTIPER Yogyakarta.

Pada kesempatan pembukaan kuliah tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara INSTIPER dengan Direktorat Jenderal Perkebunan, Dinas Perkebunan Jawa Barat, dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY dalam hal penyelenggaraaan Hari Perkebunan Indonesia, serta  penandatanganan MoU dibidang pengembangan pendidikan antara INSTIPER dengan PT Triputra Agro Persada Group, Asia Pulp and Paper Group, PT.Sinarmas Forestry dan PT Toba Pulp Lestari.

Rektor INSTIPER, Dr. Purwadi mengatakan bahwa mahasiswa INSTIPER tahun ajaran 2017/2018 berasal dari 28 provinsi di Indonesia dan sebagian besar berasal dari Pulau Sumatera.

Pada tahun 2017 ini INSTIPER menerima mahasiswa beasiswa ikatan dinas PT SMART Tbk-Planter, PT Riau Andalan Pulp and Paper, PT Asian Agri dan PT Citra Borneo Indah serta mahasiswa program beasiswa tiga pihak (PemDa Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit dan INSTIPER).

Mulai tahun 2016 lalu INSTIPER mulai mengambil ceruk pasar baru yaitu upaya pengalihan pasar dari “branding beasiswa perusahaan” ke arah “branding beasiswa PemDa”. Pada tahun 2017 ini, usaha tersebut berbuah manis, terbukti INSTIPER telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo untuk mendidik 15 putra terbaik  yang berada disekitar perkebunan untuk mengikuti pendidikan di INSTIPER atas beasiswa perusahaan melalui penggunaan dana CSR perusahaan.

Untuk selanjutnya, 858 mahasiswa baru ini akan mengikuti serangkaian acara Okkabun yaitu pengenalan kampus di Maguwoharjo dan pada tanggal 17 Agustus 2017, mahasiswa baru dibawa ke SEAT Bawen untuk pengenalan kebun sampai dengan tanggal 20 Agustus 2017.

18/09/2017 (03:40)
Admin
Dibaca: 1250x