Berita dan Informasi

INSTIPER YOGYAKARTA RAYAKAN DIES NATALIS KE-61

INSTIPER YOGYAKARTA RAYAKAN DIES NATALIS KE-61

INSTIPER Yogyakarta, perguruan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kader Perkebunan Yogyakarta (YPKPY), genap berusia 61 tahun pada 10 Desember 2019. Berdirinya INSTIPER tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan Indonesia untuk mengisi kekosongan staf perkebunan yang baru saja diambil alih pemerintah Indonesia dari tangan penjajah setelah nasionalisasi perkebunan.

Dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-61,  INSTIPER menyelenggarakan beberapa acara seperti  PORSENI mahasiswa, Seminar Bela Negara, Rakernas KaINSTIPER, INSTIPER Fair, Family dan Alumni Gathering, RTM Mekanisasi Perkebunan dan COO Forum, dan akan ditutup dengan pagelaran wayang kulit.

Rangkaian acara perayaan Dies Natalis dimulai dengan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) season II yang diselenggarakan pada 2-7 Desember 2019. PORSENI season II selain diikuti oleh mahasiswa angkatan 2016 – 2019 juga diikuti oleh dosen dan karyawan INSTIPER. Porseni tahun ini mengambil tema “Sport & Art For Unity”.

Untuk memeriahkan perayaan Dies Natalis INSTIPER ke-61, KaINSTIPER juga menyelenggarakan Instiper Fair yang merupakan bazar UMKM di Kampus Papringan pada 6-10 Desember 2019.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional Bela Negara pada (7/12) di GRHA INSTIPER dengan tema “Bela Negara dalam Lingkup Kampus pada Era 4.0”. Laksdya TNI Agus Setiadji S.A.P.,M.A selaku Seketaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI memberikan pemaparan pentingnya bela negara di era revolusi industry 4.0.

Sebagai ajang silaturahmi keluarga besar INSTIPER pada (8/12) diselenggarakan Family dan Alumni Gathering yang dimeriahkan dengan acara senam bersama, pelepasan 61 balon sebagai simbol ulang tahun INSTIPER ke-61, hiburan, dan yang pasti ditunggu-tunggu adalah pembagian doorprize, yang diantaranya sponsorhip dari bank BPD, BNI, dan BRI.

Pada puncak perayaan, pidato Dies Natalis ke-61 disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementrian Koperasi dan UKM, Bapak Rulli Nuryanto, SE, M.Si. dengan tema “Peran Pendidikan dalam Membentuk Entreprenuer”. Acara yang diselenggarakan di GRHA INSTIPER pada (10/12) tersebut diikuti oleh dosen, karyawan, alumni, tamu mitra kerja INSTIPER, dan perwakilan mahasiswa.

Pada sore harinya dilanjutkan dengan acara rapat kerja nasional II dan syukuran HUT-51 keluarga alumni INSTIPER. Acara tersebut dihadiri oleh anggota KaINSTIPER, perwakilan dari INSTIPER, pengurus YPKPY, serta perwakilan dari mahasiswa INSTIPER. Pada RAKERNAS II tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara INSTIPER dengan KaINSTIPER.

Rangkaian acara Dies Natalis INSTIPER masih akan dilanjutkan pagelaran wayang kulit oleh Ki Seno Nugroho yang akan diselenggarakan pada 2 Januari 2019 mendatang di lapangan INSTIPER dan COO Forum pada Januari 2019.

Segala prestasi dan pengakuan yang telah diraih INSTIPER pada usianya ke-61 jelas bukan hal yang mudah dilalui. Namun berkat kerja keras semua civitas academica dan dukungan dari YPKPY sebagai penyelenggara INSTIPER dan kepercayaan mitra kerja telah mengukuhkan INSTIPER sebagai perguruan tinggi yang fokus dalam mencetak lulusannya dengan kompetensi di bidang perkebunan dan kehutanan. 

20/12/2019 (02:18)
Admin
Dibaca: 1230x