Berita dan Informasi

Bimbingan dan Ujian Skripsi Online Mahasiswa INSTIPER Yogyakarta

Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, INSTIPER menerapkan perkuliahan online bagi mahasiswanya. Selain perkuliahan online, bimbingan dan ujian skripsi dan thesis juga dilakukan secara online.


Seperti yang dialami oleh Roganda Mitra mahasiswa Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta. Roganda Mitra menjadi mahasiswa pertama yang lulus melalui ujian online yang dilaksanakan pada 6 Mei 2020. Dibimbing oleh Ir. Hj. Umi Kusumastuti R., MP., Mitra telah menyelesaikan skripsi dengan judul Pengaruh intensitas penyinaran dan dosis asam absisat terhadap pertumbuhan dan pembungaan Turnera subulata.

 

Mitra menyampaikan, “Sebenarnya skripsi saya telah selesai sejak sebelum terjadi pandemic Covid-19, namun saya belum melaksanakan ujian. Karena pandemic ini, ujian saya lakukan secara online. Ujian tersebut dimulai jam 10.00 WIB dan berlangsung selama 1,5 jam. Sebenarnya ujian ini seperti ujian skripsi pada umumnya dimana mahasiswa diminta mempertanggungjawabkan apa yang ditulis di naskah skripsi di hadapan pembimbing dan penguji, hanya saja kami tidak bertatap muka langsung dalam pelakasanaan ujian tersebut. Saya ujian dari kos dan dosen pembimbing dan penguji dari rumah mereka masing-masing”.

Terkait ujian skripsi online Mitra menambahkan, “Ujian skripsi secara online menurut saya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya ujian bisa dilakukan dimanapun dan lebih santai. Sedangkan kekurangannya, jika jaringan internet tidak stabil maka menyebabkan koneksi terjeda bahkan terputusnya koneksi. Dalam berbicara juga harus bergantian supaya apa yang disampaikan menjadi jelas” pungkasnya.

 

INSTIPER juga telah membuat surat edaran tentang prosedur ujian skripsi online. Dalam prosedur tersebut dijelaskan tentang mahasiswa yang mengikuti ujian skripsi online harus sudah mengikuti seminar dengan bukti surat keterangan telah seminar, apabila sudah dinyatakan memenuhi syarat maka petugas admin akan menghubungi dosen pembimbing dan menginformasikan dosen penguji serta mengirimkan berkas ujian kepada dosen pembimbing. Selanjutnya dosen pembimbing akan menghubungi dosen penguji untuk membuat kesepakatan waktu ujian, setelah ada kesepakatan waktu dosen pembimbing menyampaikan waktu ujian ke admin. Ujian online dilaksanakan dalam waktu paling lama 1,5 jam. Sebelum ujian dilaksanakan, mahasiswa harus menyerahkan draft skripsi melalui email ke dosen pembimbing dan penguji paling lambat 3 hari sebelum ujian dilaksanakan.

27/05/2020 (09:57)
Admin
Dibaca: 174x