Akademik

Teknologi Pertanian

Jurusan Teknik Pertanian

A. VISI PROGRAM STUDI

"Menjadi Center of Exellence Pendidikan Bioteknik Industri Perkebunan pada 2025"

B. MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang Teknik Pertanian dalam upaya menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang bioteknik industri perkebunan yang berwawaskan lingkungan,
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (engineering science) yang menunjang sistem pengelolaan dan industri perkebunan yang berkelanjutan,
  3. Menyelenggarakan pelayanan kepada stakeholders (pengguna lulusan dan masyarakat) yang selaras dengan pembangunan nasional di bidang industri perkebunan kawasan tropika, melalui pengembangan kehidupan akademik yang sehat dan budaya institusi (institutional culture) sebagai prinsip dasar.

C. TUJUAN PROGRAM STUDI

1).    Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bioteknik industri perkebunan, menyebarluaskannya dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup dan kehidupan masyarakat..

2).    Menghasilkan sarjana yang merupakan seorang ahli bidang Teknik Pertanian dengan kompetensi utama bidang bioteknik industri perkebunan yang :

  • mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bioteknik industri perkebunan guna menumbuhkembangkan usaha agroindustri yang berbasis perkebunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan, dengan menekankan pada peningkatan teknologi sepadan yang ada di masyarakat menjadi teknologi unggulan yang bersifat kompetitif dengan alur yang terencana, terancang dan dikelola secara benar,
  • memiliki semangat jiwa wira usaha (kreatif, inovatif, fleksibel dan berani melakukan perubahan), trampil, mandiri dan memiliki rasa pengabdian pada nusa dan bangsa,
  • mampu mendayagunakan, melestarikan dan meningkatkan produktivitas sumberdaya alam dan lingkungan kawasan tropika yang tersedia dengan cara menerapkan teknologi sepadan secara arif, efektif dan efisien selaras dengan daya dukung lingkungan,
  • mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baru serta berfikir dan bertindak sebagai seorang ilmuwan (cendekiawan) sesuai bidang Teknik Pertanian.

3). Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang bioteknik industri perkebunan, mengembangkan dan menyebarluaskannya kepada masyarakat.

4). Memupuk dan menjalin kerja sama yang simetrikal dan saling menguntungkan dengan industri terkait, instansi pemerintah, serta lembaga pendidikan dan penelitian baik dalam maupun luar negeri.

5). Secara menyeluruh sasaran-sasaran utama pengembangan program Studi Teknik Pertanian diarahkan pada : (i). peningkatan jumlah dan mutu peserta didik; (ii). peningkatan mutu proses penyelenggaran belajar-mengajar; (iii). peningkatan mutu produk keluaran yang berupa kualitas lulusan, kualitas pelayanan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

6). Sebagai hasil didik dari Program Studi Teknik Pertanian, diharapkan menjadi seorang engineer yang dapat berperan fungsi sebagai perancang (innovator), penggerak (driven) dan pengambil keputusan (decision maker) yang bercirikan kreatif, inovatif, fleksibel dan tanggap terhadap perubahan.

 

D. SASARAN ARAH PENGEMBANGAN

  1. Terselenggaranya pendidikan tinggi bagi tenaga profesional unggulan bidang keteknikan pertanian dalam penguasaan IPTEK berbasis industri perkebunan.
  2. Berkembangnya keilmuan keteknikan dan jiwa kewirausahaan yang memiliki efektivitas dan efisiensi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.
  3. Berkembangnya penelitian-penelitian unggulan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
  4. Terselenggaranya pelayanan kepada masyarakat dan meningkatnya kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan nasional sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.
  5. Berkembangnya sarana dan prasarana serta teknologi dalam rangka mewujudkan suasana akademik yang sehat dan berkelanjutan.
  6. Terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga terkait baik pemerintah, non pemerintah, dan masyarakat luas guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan

 

E. MINAT STUDI DAN PENJELASAN

1. STIK (Sarjana Teknik Industri Kelapa Sawit)

Minat Teknik Industri Kelapa Sawit, diharapkan  dihasilkan lulusan yang handal dalam operasioanl proses dan penguasaan kerekayasaan proses dan peralatan mesin, untuk mengolah kelapa sawit menjadi CPO.

2. SMIP (Sarjana Mekanisasi Industri Perkebunan)

Minat mekanisasi dan infrastruktur perkebunan diharapkan mampu menopang / mensupport bidang keteknikan di proses budidaya tanaman, baik pada operasional dan kerekayaan perlatan dan mesin untuk budidaya tanaman, maupun kerekayaan untuk mendukung penyediaan infrastruktur prasarana di perkebunan.