• The Best Palm University

Teknologi Pertanian

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian

A.  JATI DIRI

Jati diri Prodi THP adalah ”Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP)”. TPHP yang diartikan sebagai serangkaian kegiatan mengubah hasil pertanian dalam arti luas menjadi produk yang dapat dipasarkan melalui penggunaan alat dan metode khusus (kimia-biokimia, fisik-mekanis, mikrobiologis-enzimatis atau gabungannya)  disertai kemampuan analisis ekonomi dan manajerial. Keluaran dari institusi berjati diri TPHP ini adalah (1) Sumber Daya Manusia yang berpredikat ”Teknolog”  yang mempunyai kemampuan analisis ekonomi dan manajerial. dan (2) Informasi di bidang Teknologi Pengolahan yang bersifat kompetitif dan berkelanjutaan di pasar global.

 

B.  VISI

" MENJADI PUSAT PENDIDIKAN TINGGI YANG TANGGUH DAN TERPERCAYA DI BIDANG  TEKNOLOGI  PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DENGAN KOMPETENSI  INDUSTRI PERKEBUNAN, PANGAN DAN BIOENERGI PADA TAHUN 2027 ".

 

C.  MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya menghasilkan Teknolog yang berpedoman pada tujuan pendidikan nasional, kaidah moral dan etika ilmu pengetahuan, kepentingan masyarakat serta memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi.
  2. Memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
  3. Menghasilkan konsep pengembangan agroindustri yang dapat diaplikasikan pada skala kecil,menengah dan industri besar

 

D. TUJUAN

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan dan teknologi di bidang TPHP untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  2. Menyiapkan peserta didik menjadi ”teknolog” yang berjiwa wirausaha, inovatif dan berani menanggung resiko, memelihara dan meningkatkan kualitas sumber daya alam serta lingkungan hidup, mempunyai kemampuan menciptakan lapangan kerja dan peluang pasar.
  3. Menghasilkan informasi, mengembangkan dan menyebarluaskan, khususnya informasi teknologi hasil pertanian dalam rangka pemberdayaan ekonomi kerakyatan.
  4. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan nasional.
  5. Mengembangkan sarana dan prasarana dalam rangka mewujudkan suasana akademik yang sehat dan berkelanjutan.
  6. Mengembangkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga terkait.
  7. Standardisasi mutu pendidikan secara internasional

 

E.  Minat Studi

Di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian ada 3 minat studi, yaitu :

1).  STIPP (Teknologi Industri Pangan dan Perkebunan)

Minat ini mengantarkan alumninya untuk berkiprah pada industri pangan dan industri perkebunan dengan fokus kajian pengetahuan bahan pangan (kimia, biokimia, mikrobiologi), teknologi proses, quality system dan manajerial skill.

2).   STPK (Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit dan Turunannya)

Minat ini mengantarkan alumninya untuk berkiprah khususnya pada Industri pengolahan kelapa sawit dan turunannya dengan fokus kajian pengetahuan bahan (kimia, biokimia, mikrobiologi), teknologi proses, engineering, quality system dan manajerial skill.

3). STIB (Teknologi Industri Bioenergi)

Minat ini mengantarkan alumninya untuk berkiprah khususnya pada Industri Bioenergi dengan fokus kajian biodiesel, bioethanol dan biogas, yang dilandasi dengan pengetahuan bahan (kimia, biokimia, mikrobiologi), teknologi proses, engineering, quality system dan manajerial skill.

 

F. Staf Pengajar

Staf Pengajar di  Jurusan THP terdiri dari Dosen Tetap dan Tidak tetap. Dosen Tetap (baik Yayasan maupun DPK) semua telah bergelar magister baik dalam maupun luar negeri. Sedangkan Dosen Tidak Tetap sebagian bergelar Profesor, Doktor, Magister baik dalam maupun luar negeri. Untuk mulai memperkenalkan dunia kerja sejak dini, ada beberapa mata kuliah yang diasuh oleh praktisi.

 

 

G.  Bidang Kerja dan Alumni yang Bekerja

Sarjana lulusan jurusan Teknologi Hasil Pertanian telah banyak yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Jajaran Departemen Pertanian, Kehutanan, Departemen Nakertrans, Departemen Dalam Negeri, Depdiknas, Lembaga Penelitian, Perbankan, Perguruan Tinggi, Perusahaan di bidang pangan misalnya PT Indofood Sukses Makmur, PT Garudafood Putra Putri Jaya, PT Sriboga Raturaya, PT Heinz ABC Indonesia, PT Golden Great Wall Indonesia, Hero Supermarket, PT Tri Teguh Manunggal Sejati, PT Boeringer Ingelhiem Indonesia, PT Jagarana serta perusahaan perkebunan, seperti PT SMART Tbk., PT Bumitama Jaya Agro, PT Wilmar, PT Riau Sakti United Plantation, PT Gunung Sawit Bina Lestari, PT Selapan Jaya, PT Pagilaran.

 

H.  Kerjasama

Kerjasama yang telah dilakukan Jurusan THP dengan instansi luar di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat, yaitu :

1)    Pada bidang pendidikan dan pengajaran, bekerjasama dengan PTPN VIII Jawa Tengah untuk penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY untuk pengayaan materi pengolahan komoditi perkebunan, seperti kopi, kakao dll untuk pengenalan kebun sejak dini.

2)    Pada bidang penelitian, bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian dan FMIPA UGM dan BPTP DIY, melalui penelitian Hibah Bersaing dan Hibah Pekerti. Kerjasama penelitian-penelitian ini telah melibatkan 35 mahasiswa (10 orang mahasiswa untuk penelitian Hibah Bersaing, 12 mahasiswa untuk penelitian Hibah Pekerti, 5 mahasiswa untuk kerjasama penelitian dengan BPTP dan 8 mahasiswa untuk kerjasama penelitian dengan APTRI/ Asossiasi Petani tebu Rakyat Indonesia) dan sekaligus dapat membantu pendanaan skripsinya.

3)    Pada bidang pengabdian masyarakat, telah bekerjasama dengan Kelurahan Parangtritis, Bantul dan Kelurahan Kalibawang, Kulon Progo DIY, yang juga telah melibatkan mahasiswa dalam penyuluhan-penyuluhan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa agar dapat menyampaikan pendapatnya di muka umum. Pelatihan yang melibatkan mahasiswa sebagai tenaga penyuluh dan praktek dilaksanakan di Bantul, Boyolali, Temanggung dan Blora. Selain itu, juga bekerja sama dengan Dinas Perkebunan Kalimantan Selatan mengenai pengolahan kelapa secara terintegrasi..

 

I.  Fasilitas Pendukung

Ruang Kuliah tersedia dan memadai serta dilengkapi dengan fasilitas di atas standar untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan kuliah. Tersedia pula ruang untuk kuliah secara online yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung terkini.

Beberapa fasilitas pendukung lain yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk proses pembelajaran dan penelitian diantaranya:

1.   Laboratorium Kimia dan Biokimia

2.   Laboratorium Teknologi Pengolahan/ Reka Proses

3.   Laboratorium Mikrobiologi dan Enzim

4.   Laboratorium Penelitian

5.   Laboratorium Analisa/Uji Pangan

6.   Laboratorium Sawit

7.   Perpustakaan di Fakultas Teknologi Pertanian Instiper maupun perpustakaan pusat memiliki koleksi buku, majalah ilmiah berbahasa Indonesia maupun Inggris dan hasil-hasil penelitian dosen serta mahasiswa.

8.   Pilot Plant untuk latihan produksi dan pembesaran skala produksi dari skala laboratorium ke skala industry yang terdiri dari.

    a. Pilot plant produksi kopi, teh, dan kakao

    b. Pilot plant bioenergi: biodiesel, bioetanol, dan biogas

    c. Pilot plant roti dan bakery

 

J.   Karya Pengabdian/Penelitian Berprestasi

Mahasiswa Jurusan THP telah mampu mendapatkan dana penelitian yang kompetitif, seperti Bogasari Nugraha dan bantuan dana dari Penelitian Lingkungan Hidup, serta pernah menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk mewakili Kopertis V di tingkat nasional.

Staf pengajar jurusan THP juga mampu mendapatkan berbagai pengakuan paten HAKI dari hasil penelitiannya seperti: Pembuatan Edible Film dari Gelatin Ceker Ayam; Pembuatan Bioetanol dari Tandan Kosong Kelapa Sawit; Recovery Karotenoid Dari Minyak Sawit Kasar Menggunakan Karbon Aktif Cangkang Sawit; Pembuatan Minyak Bumbu Bawang Putih Yang Kaya Provitamin A Dan Trigliserida Rantai Menengah; Formulasi tablet effervescent sinbiotik dan proses pembuatannya; Pembuatan minuman probiotik sari buah nanas, dsb.