Akademik

Kehutanan

Fasilitas Kampus

Fakultas Kehutanan Instiper mempunyai Fasilitas sebagai berikut :

1. Gedung Jati (Tectona Grandis) 3 Lantai

Gedung Jati (Tectona Grandis) merupakan gedung Fakultas Kehutanan yang biasa digunakan aktivitas akademik maupun non akademik. Terdapat puluhan ruangan didalam Gedung Jati seperti; Ruang untuk Dosen tetap dan Dosen tamu, Ruang Administrasi Fahutan, Ruang Perkuliahan, Ruang Kelembagaan Mahasiswa Fahutan, Ruang Sidang, Ruang Perpustakaan, Ruang Pengurus Fahutan, Ruang KaFI (Keluarga Forester Instiper, Alumni), Ruang Koperasi, Ruang Laboratorium dan lainnya.

 

2. Ruang Kuliah yang Representatif

Ruang Kuliah yang representatif dengan model "U shape" mampu memberikan intensitas diskusi yang lebih tajam antara Dosen dan Mahasiswa sehingga tujuan utama dari perkuliahan mampu memberikan wawasan baru. Metode pengajaran Student Center Learning (SCL) yang bertujuan menciptakan komunikasi dua arah dalam proses perkuliahan antara Dosen dengan mahasiswa ataupun antara mahasiswa dengan mahasiswa dalam pengarahan Dosen dan sekaligus melatih kemampuan berkomunikasi Mahasiswa dalam menanggapi dan mengembangkan suatu ide dan kajian.

 

3. Perpustakaan

Perpustakan Fakultas Kehutanan menjadi satu dengan perpustakan yang dimiliki Instiper. Pemusatan perpustakaan bertujuan agar pengetahuan tidak hanya terfokus pada satu titik akan tetapi mampu memandang cakrawala dengan luas baik dalam kehutanan, pertanian dan teknologi pertanian. Perpustakaan Fakultas Kehutanan memiliki 5.419 Judul yg meliputi Buku teks, Jurnal Nasional, Jurnal Internasional, Prosiding, Skipsi, Tesis dan Disertasi dengan jumlah copy 8.723. terdapat juga perpustakaan online yang bisa diakses melalui www.digilib.instiperjogja.ac.id .

 

4. Laboratorium

Fakultas Kehutanan memiliki 5 Laboratorium, yaitu ; Laboratorium Silvikultur, LaboratoriumPerlindungan Hutan, Laboratorium Perencanaan Hutan, Laboratorium Sifat Dasar Kayu, Laboratorium Pengolahan Hasil Hutan.

 

5. Sarana Olahraga

Sarana olaharaga yang terpusat guna untuk melatih skill Mahasiswa pada bidang olahraga sekaligus melatih fisik Mahasiswa. Sarana Olahraga meliputi Lapangan Voly, Lapangan Basket, Lapangan Futsal outdoor, Lapangan Panjat Tebing.

 

6. Kantin Wanaboga

Wanaboga merupakan nama dari kantin Fakultas Kehutanan yang disediakan sebagai fasilitas penunjang. Dengan harga kelas mahasiswa dan tempat yang nyaman sehingga tidak sediki mahasiswa mengerjakan tugas dan diskusi karena terdapat juga akses internet di kantin Wanaboga