Artikel Pendidikan

G2G (Go 2nd Growth INSTIPER 14/19)

G2G (Go 2nd Growth INSTIPER 14/19)

Sejak Tahun 2009/2010 INSTIPER mencanangkan program Change INSTIPER 9/9 to INSTIPER 9.10. Sejak 1 September 2009 INSTIPER berubah menjadi INSTIPER Baru pada 1 September 2010. Roadmap program ini sebenarnya disusun 5 tahun dan diharapkan INSTIPER sudah akan tumbuh stabil pada tahun 2015. Berkat kerja keras serta dukungan mitra kerja (stakeholder), ternyata target-target tersebut telah dicapai tahun 2013 yang lalu. Untuk itu sejak 1 September 2014 INSTIPER telah memantapkan diri untuk membangun pertumbuhan tahap kedua yang selanjutnya di-branding dalam program G2G INSTIPER 14/19, yaitu Go 2nd Growth INSTIPER 14/19. Sebuah proyek pengembangan baru INSTIPER menuju kejayaan emas pada tahun 2019.

Pada program G2G, INSTIPER melakukan Re-Engineering sistem pendidikannya, yaitu dengan meningkatkan kualitas model pendidikan link and match melalui program University-Industry partnership. Sistem Pendidikan di INSTIPER yang meliputi Okkabun, Perkuliahan, Praktikum, PKL, Magang, Pengabdian Masyarakat dan Penelitian untuk tugas akhir akan dilakukan re-enggineering untuk peningkatan kualitas. Dengan tahapan sistem pendidikan ini, INSTIPER akan selangkah lebih maju dibandingkan pendidikan tinggi pertanian dan kehutanan lainnya.

Re-Engineering ini merupakan upaya peningkatan efektifitas sistem pendidikan dari pendekatan kurikulum semi blok mengarah pada kurikulum blok penuh, pengembangan skill dari skill knowledge comptency based, skill job competency mini plan based hingga skill job competency industrial based. Penelitian untuk skripsi akan diarahkan pada penyelesaian masalah-masalah faktual di lapangan melibatkan kerjasama dengan perusahaan mitra. Dengan re-enginering sistem pendidikan dan implementasi tersebut, INSTIPER akan terus menjadi terdepan dalam pendidikan kompetensi khusus.
24/02/2015 (11:06)
Admin